Turunan Parsial ? Apa itu?

Turunan Parsial

Kita sering mendengar turunan parsial dalam pelajaran matematika tingkat lanjut. Apa arti sederhana dari turunan parsial. Untuk lebih mudah mengerti, kita bahas dari kata ‘parsial’ terlebih dahulu. Parsial secara umum berasal dari kata part dalam bahasa Inggris yang artinya bagian.

Jadi, turunan parsial adalah sebuah perubahan nilai dari suatu fungsi yang mempunyai 2 variabel atau lebih secara sebagian atau tidak seluruhnya dan diturunkan satu-satu. Jika pada fungsi z = f(x,y) kita turunkan terhadap variabel x maka y akan dianggap sebagai konstanta dan bisa disebut kita mencari turunan parsial z terhadap x, kita tulis :

ghnfgh

Dan jika kita turunkan terhadap variabel y maka x akan dianggap sebagai konstanta dan bisa disebut kita mencari turunan parsial z terhadap y, kita tulis :

gfjf

Jika ingin mendapatkan turunan kedua, tinggal diperluas :

ykuy

Contoh :

cgngj

Software yang paling sering & biasa digunakan untuk menyelesaikan matematika lanjut seperti turunan parsial bernama Maple. Maple merupakan software dikembangkan oleh Waterloo Maple Inc untuk menyelesaikan masalah matematika. Maple berjalan pada sistem operasi keluarga Windows dan cukup mudah untuk digunakan. Dengan kemampuan kerja yang cukup handal untuk menangani berbagai komputasi analitis dan numerik. kita dapat secara langsung menggunakan Maple, jika kita ingin mengetahui secara langsung hasilnya, tanpa melihat proses. pengerjaannya

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: