Sebelum Mendesain Sebuah Web

Web Design adalah proses merancang dan membuat halaman web, situs web, Wweb atau aplikasi multimedia untuk Web. Menerapkan ilmu-ilmu yang berkaitan seperti animasi, authoring, desain komunikasi, identitas korporat, desain grafis, interaksi manusia-komputer, arsitektur informasi, interaksi desain, pemasaran, fotografi, mesin pencari optimasi dan tipografi untuk menghasilkan web sesuai yang diinginkan dan bisa secara maksimal.

Mendesain sebuah web tentu harus mempunyai sistem interaktif yang mampu berinteraksi dengan user yang mengakses. Sistem interaktif harus mempunyai paradigma-paradigma yang ada agar daya guna (usability) menjadi tinggi. Jenis paradigma yang ada :

1. Time-Sharing

  • Satu komputer yang mampu mendukung (dapat digunakan oleh) multiple user
  • Meningkatkan keluaran (throughput) dari sistem

2. Video Display Units (VDU)

  • Dapat memvisualisasikan dan memanipulasi informasi yang sama dalam representasi yang berbeda
  • Mampu memvisualisasikan abstraksi data

3. Programming Toolkits (Alat Bantu Pemrograman)

  • Alat Bantu Pemrograman memungkinkan programmer meningkatkan produktivitasnya

4. Komputer Pribadi (Personal Computing)

  • Mesin berukuran kecil yang powerful, yang dirancang untuk user tunggal.

5. Sistem Window dan interface WIMP (Windows, Icons, Menus and Pointers)

  • Sistem window memungkinkan user untuk berdialog / berinteraksi dengan komputer dalam beberapa aktivitas/topik yang berbeda

6. Metapora (Metaphor)

  • Metapora telah cukup sukses digunakan untuk mengajari konsep baru, dimana konsep

tersebut telah dipahami sebelumnya.

  • Contoh metapora (dalam domain PC):

Spreadsheeet adalah metapora dari Accounting dan Financial Modelling

Keyboard adalah metapora dari Mesin Tik

7. Manipulasi Langsung (Direct Manipulation)

  • Manipulasi Langsung memungkinkan user untuk mengubah keadaan internal sistem dengan cepat.
  • Contoh Direct Manipulation adalah konsep WYSIWYG (what you see is what you get)

8. Bahasa vs. Aksi (Language versus Action)

  • Bahasa digunakan oleh user untuk berkomunikasi dengan interface
  • Aksi dilakukan interface untuk melaksanakan perintah user

9. Hypertext

  • Penyimpanan informasi dalam format linear tidak banyak mendukung pengaksesan informasi secara random dan browsing asosiatif.
  • Hypertext merupakan metode penyimpanan informasi dalam format non-linear yang memungkinkan akses atau browsing secara non-linear atau random.

10. Multi-Modality

  • Sistem multi-modal interaktif adalah sistem yang tergantung pada penggunaan beberapa (multiple) saluan (channel) komunikasi pada manusia.
  • Contoh channel komunikasi pada manusia : visual (mata), haptic atau peraba (kulit) audio (telinga).

11. Computer-Supported Cooperative Work (CSCW)

  • Perkembangan jaringan komputer memungkinkan komunikasi antara beberapa mesin

(personal komputer) yang terpisah dalam satu kesatuan grup.

  • Sistem CSCW dirancang untuk memungkinkan interaksi antar manusia melalui komputer dan direpresentasikan dalam satu produk.
  • Contoh CSCW: e-mail (electronic mail)

Sedangkan, dalam mendesain sebuah web, terdapat beberapa prinsip yang harus digunakan, yaitu :

  1. Metaphore yaitu suatu penerapan konsep-konsep lama untuk digunakan pada suatu konsep yang baru sehingga membuatnya berbeda dengan yang lain.
  2. Clarity yaitu suatu prinsip dimana pembuatan web harus mempunyai tujuan dari pembuatan sebuah web.
  3. Consistency yaitu perancang atau pembuat web harus tetap berada di dalam tema yang diangkat, tidak menyimpang ke tema lain.
  4. Alignment yaitu mengenai kerapihan tulisan yang dibuat pada suatu artikel. Tanpa prinsip ini, user yang mengakses web tidak akan merasa nyaman dan langsung meninggalkan web tersebut.
  5. Proximity yaitu merupakan kelengkapan dari suatu field.
  6. Contrast yaitu prinsip dimana para pembaca nyaman dalam melihat suatu situs.
  1. Worldwidestore

Situs ini membahas mengenai penjualan peninggalan-peninggalan benda kuno seperti artefak, perhiasan dan lain-lain. Konsep toko online yang sudah banyak dipakai oleh berbagai web diperbaharui di web ini. Interface dari web ini membuat pengunjung situs merasa seperti berada di sebuah toko nyata, seolah benar-benar berada di dalam sebuah toko. Pembaharuan dari konsep toko online yang dipakai di situs ini adalah perwujudan dari konsep Metaphore.

  1. Schwab

Situs ini mengandung mengenai berbagai macam saham (investasi). Situs bertujuan untuk memberikan informasi bagi sang investor, seperti mengenali produk yang diinvestasikan, dan transaksi mengenai produk. Situs ini mempunyai tujuan yang jelas seperti yang telah disebutkan sebelumnya sehingga prinsip Clarity tentu diaplikasikan di situs ini.

  1. Santafean

Situs ini memuat berbagai hal yang berkaitan dengan seni, meski kategori tidak hanya satu melainkan banyak, tapi semua kategori tetap berkaitan dengan seni konsisten dengan tema pertama yang diangkat.

  1. Delta

Situs ini dibuat dengan semenarik mungkin dengan penempatan fitur – fitur yang strategis, tidak biasa seperti situs-situs umumnya, namun tetap enak dipandang mata dan tidak membuat pengunjung merasa tidak nyaman, sehingga pengunjung situs pun mudah dalam mencari informasi mengenai keberangkatan pesawat.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Web_Desain, http://dewiar.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/2568/I+M+K-pdf.zip

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: