Memotivasi Pasangan Berhenti Merokok

Attached Image

Ingin pasangan Anda berhenti merokok? Jangan biarkan dia berusaha sendiri untuk menghentikan kebiasaanya merokok. Motivasi dan dukungan Anda bermanfaat besar baginya untuk bisa terbebas dari kecanduan rokok.

Jika memang pasangan berniat untuk berhenti merokok, jangan meremehkan apalagi langsung menganggapnya tidak akan berhasil. Hal itu malah membuat motivasi pasangan menurun. Hal yang pertama yang harus Anda lakukan adalah bereaksi positif.

Anda juga sebaiknya mencari tahu cara berhenti merokok yang paling cocok untuk pasangan. Seperti yang diungkapkan dalam buku ‘New Treatmen for Smoking Cessation’, sebanyak 70 persen perokok ingin berhenti tetapi tidak mengetahui caranya. Nah, sebagai pasangan Anda harus membantu untuk mencari tahu.

“Selain motivasi dari dalam diri para perokok untuk berhenti merokok, dukungan dari lingkungan sekitar sangat penting terutama dari pasangan. Menghargai niat pasangan untuk berhenti merokok meskipun belum dilaksanakan dengan baik, itu sudah cukup baik,” kata dr. Tribowo T. Ginting SpKJ, dari klinik berhenti merokok, RS Persahabatan Jakarta.

Menurut dr. Tribowo, bukan hanya si perokok yang harus berusaha menghentikan kebiasaan merokok, tetapi juga orang-orang di sekitarnya. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendukung pasangan berhenti merokok, antara lain ;

– Menyediakan waktu untuk mengalihkan perhatian pasangan jika muncul keinginan untuk merokok. Anda bisa mengajaknya menonton film, berolahraga atau bahkan bermesraan. Saat bermesraaan katakan pada pasangan, kalau ia terlihat lebih seksi tanpa bau rokok.

– Menyediakan camilan sehat sebagai pengganti rokok untuk meredam keinginannya, seperti permen atau buah.

– Berikan hadiah atau membuatkan masakan favoritnya jika pasangan berhasil berhenti atau mengurangi rokok selama satu minggu. Lontarkan pujian jika ia berhasil meredam keinginannya merokok.

– Bersihkan rumah dari atribut rokok (bungkus rokok, asbak, korek). Persulit akses pasangan untuk merokok.

– Berusaha bersabar, khususnya dalam waktu satu hingga dua minggu, karena sangat mungkin muncul perselisihan soal rokok antara Anda dan pasangan.

– Mengajaknya untuk berkonsultasi di klinik, jika memang pasangan tidak bisa mengatasi sendiri kecanduannya pada rokok.

Sebagai pasangan Anda memang harus lebih sabar, karena berhenti merokok tidak mudah. Bahkan jika sudah berhenti, bisa saja pasangan merokok kembali. “Motivasi dari pasangan tidak cukup satu atau dua kali. Butuh puluhan atau bahkan ratusan kali untuk memberikan motivasi pada seorang perokok untuk berhenti merok. Jadi, jangan putus asa,” kata dr. Bowo. (umi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: